Judul Buku                : Totto – chan’s Children
Pengarang                  : Tetsuko Kuroyanagi
Penerbit                    : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit             : Februari 2010
Jumlah Halaman         : 328 halaman
Harga                       : Rp 53.000,00
Anak-anak bagaikan mutiara yg berharga. Mereka terlalu polos untuk merasakan kekejaman dan penderitaan yang tidak mereka tahu penyebabnya. Di zaman yang modern ini, dimana teknologi telah berkembang dengan sangat pesat yang membuat segala kebutuhan manusia dengan sangat mudah terpenuhi, namun tidak disangka-sangka, masih sangat sedikit yang mempunyai rasa kepedulian tinggi terhadap kondisi bahkan nasib anak-anak kurang beruntung yang tidak lain adalah anak-anak yang berada di lorong-lorong gelap dalam dunia yang indah ini.

Tetsuko Kuroyanagi atau yang akrab dipanggil Totto – chan adalah salah satu orang yang peduli terhadap anak-anak itu. Totto diangkat sebagai duta kemanusiaan  oleh UNICEF. Dia mencatat semua yang telah dilihat dan dirasakannya dalam semua perjalanannya. Lewat buku ini, ia berbagi kesedihan dan kepeduliannya terhadap anak-anak yang menderita seperti, kekurangan gizi, penyakit menular, dan korban akibat perang saudara. Dia telah melakukan perjalanan ke tiga belas negara dan bertemu dengan bermacam-macam anak untuk menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan anak-anak manis itu supaya semakin banyak orang yang mau membantu anak-anak di dunia demi menggapai masa depan yang lebih baik.

Buku ini memberikan gambaran dan bahasa yang jelas dalam setiap penyampaiannya, sehingga membuat para pembaca tersentuh dan merasa ikut bersalah karena telah menelantarkan anak-anak tersebut. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto Totto – chan bersama anak-anak diberbagai belahan dunia, yang dijadikan barang bukti serta gambaran jelas tentang kondisi  anak-anak tersebut. Tidak hanya itu saja, Totto – chan pun banyak menyampaikan kata-kata mutiara yang begitu indah , begitu rinci, dan sangat menyentuh, sehingga membuat kita sadar untuk selalu mensyukuri serta tidak menyia-nyiakan hidup.

Bait per bait dalam tulisannya ini benar-benar menggugah perasaan dan pikiran bagi pembacanya. Dimulai dari covernya yang begitu mencerminkan kegembiraan dak kepolosan anak-anak dunia serta di halaman terakhir dicantumkan  nomor rekening UNICEF bagi mereka yang ingin menyisihkan sedikit uangnya untuk anak-anak yang begitu menakjubkan itu.

Namun cerita perjalanannya dibuku ini dibuat tiap bab berdasarkan negara mana yang ia kunjungi, dengan topic yg sebenarnya sama, sehingga terkadang sedikit membuat kita bosan membacanya bila dihabiskan dalam satu hari saja.
Cerita ini sangat positif dan menunjang untuk dibaca oleh semua usia tanpa batasan. Dengan berbagai perasaan dan pemahanannya yang mendalam dalam konteks global, tentang kesengsaraan anak-anak di sebagian negara berkembang. Perdamaian dunia adalah keinginan semua makhluk hidup. Maka dari itu marilah kita bersahabat dan melakukan segala hal bersama-sama karena pada dasarnya semua orang itu sama saja.